Budidaya Jamur Tiram di Batu – Malang

Kami Petani Jamur yang sudah berpengalaman dalam usaha/ bisnis ataupun budidaya, ingin berbagi pengalaman disini. Mudah – mudahan dengan adanya web ini, bisa sangat membantu Anda dalam mengolah atau berbisnis dibidang ini…. Amiinn

jamur tiramJamur

www.jamurcinta.com

Anda mungkin membayangkan bagaimana ya benih atau bibit jamur itu ???Dalam Hal ini anda gak usah repot – repot berfikir bagaimana atau membuatnya. karena kami menyediakan berbagai keperluan dalam budi daya anda

Berikut ini aneka macam produk yang bisa kami bagikan dengan Anda semua

1476412_10151985520250732_997497151_n

Baglog Jamur Tiram

Stok melimpah dan jangan kuatir kehabisan….

* Bibit / Baglog Jamur Tiram : Rp 2.200,-

Dijamin berkualitas super dan hasil banyak, putih bersih dengan sistem pengerjaan baglog yang berpengalaman di bidangnya

img-20161206-wa0011

* Bibit F1 Jagung : 50.000 per pcs

 

944

Bibit F1 Grajen : 35.000 per pcs

 

img-20161206-wa0010

Bibit F2 Jagung : 10.000 per pcs

 

img-20161206-wa0009

* Bibit F2 Grajen : 7.000 per pcs

 

img-20161206-wa0012

Baglog atau Bibit F3

Harga 2.200/ pcs

 

gambar1

Cincin dan Tutup Cincin

Harga Cincin Baglog @100 Rupiah minim 1000 pcs

Tutup Cincin @100 Rupiah minim 1000 pcs

 

img-20161206-wa0005

 Plastik Baglog
  1. Plastik Baglog Jamur uk. 18 x 35 tebal 0,4 Harga 33 rb/ kg 

 

img-20161206-wa0007

Bekatul atau Dedak

Harga Rp 2.300/ Kg

 

img-20161206-wa0008

Botol

Botol ex Saus sudah dicuci bersih, tinggal pakai

Harga 1.500/ botol

 

img-20161206-wa0015

Steamer

Steamer kapasitas 600 Baglog Harga 6 Juta saja

 

Budidaya Jamur Tiram

Wow hasilnya…. hehehe

Link Apa itu Jamur

Lalu bagaimana caranya agar budidaya ini bisa menghasilkan pundi-pundi uang yang bisa memakmurkan dan menyejahterahkan kehidupan dan kemaslahatan orang banyak?? (waduh kayak politisi deh ane…) hehehe…. baiklah… mari kita kuliti satu-satu…

Budidaya jamur tiram sangat pas buat kamu2 yang suka bekerja di rumah, males kerja di luar, karena budidaya ini membutuhkan ketekunan, keuletan dan kesabaran.

budidaya  membutuhkan ketekunan, keuletan dan kesabaran.

Dari awal produksi hingga mendapatkan hasilr yang siap dijual membutuhkan waktu kurang lebih 120 hari alias 4 bulan. Lho kok lama Bos??? ya iyalah…

Tidak ada sesuatu yang instan kalo mau sukses berkelanjutan danberkesinambungan… Itu!!! #marioteguhstyle

Diawali dengan pembuatan PDA atau bibit F0 (1 bulan), setelah F0 jadi, diturunkan jadi bibit F1 (1 bulan), setelah F1 jadi, diturunkan lagi jadi bibit F2 (1bulan), setelah F2 jadi diturunkan lagi jadi bibit F3/baglog (1 bulan), setelah dibuka cincin baglog, kamu tunggu beberapa saat sekitar 10 harian, baru kamu akan mendapatkan panen pertamamu…

tiada hari tanpa tidak panen… aliaspanen terus sepanjang hari sepanjang bulan sepanjang tahun….

IMGP1422

Jamur Tiram Florida

Yang menarik panennya ini setiap hari… tiada hari tanpa tidak panen… alias panen terus sepanjang hari sepanjang bulan sepanjang tahun…. asal kita bisa memenejnya dengan baik dan cantik…

InsyaAllah kaya…. Bahkan kaya raya….

budidaya jamur tiram bisa membuatmu kaya… Bahkan kaya raya….

bagaimana ??? tertarik ???

Support by www.mugsurabaya.com ; www.mugsurabaya.co.id

 

Facebook Comments

Share This:

Lagi-lagi tentang Bibit Jamur Tiram

Lagi-lagi tentang Bibit jamur tiram

Bibit jamur tiram itu apa saja sih???

Masih saja terjadi kebingungan di antara para newbie / pemula yang ingin tau tentang budidaya jamur tiram.  Pertanyaan-pertanyaan mendasar lagi-lagi tentang bibit jamur tiram seringkali mampir ke WA saya.

Semoga tulisan ini membantu.

Jadi,

Bibit jamur tiram itu ada yang namanya F0.

lagi-lagi tentang bibit jamur tiram
PDA dengan implan yang baru jalan

F0 dibuat dengan media agar-agar, memanfaatkan air sari kentang yang direbus, dan ditambahkan dengan dextrose.  Maka tidak heran kalau banyak orang yang menyebut F0 ini dengan PDA, yakni singkatan dari Potato Dextrose Agar.  Jadi F0 itu = PDA atau PDA = F0.

Walaupun sebetulnya bisa juga dibuat bibit F0 dengan media yang lain seperti MEA (Malt Extract Agar), tapi yang umum di dunia perjamuran di tanah air memang orang banyak pakai PDA.

Pembuatan F0/PDA merupakan tahapan tersulit dalam pembuatan bibit jamur tiram. Karena membutuhkan tempat yang steril, bersih, kecermatan dalam pemilihan bibit jamur, keuletan dan kesabaran yang tinggi.

Saya dulu memulainya dengan membuat 70 botol dan Alhamdulillah yang jadi cuma 2 botol.  Tapi dengan 2 botol itu sudah cukup untuk menghasilkan baglog yang banyak. Ribuan.

Karena 1 botol F0 itu apabila diturunkan dapat menghasilkan paling tidak 20 botol bibit F1. Kemudian 1 botol F1 apabila diturunkan maka dapat menghasilkan paling tidak 20 botol bibit F2.

Dan 1 botol bibit F2 bila diturunkan akan menghasilkan paling tidak 20 bibit baglog F3.

Jadi perhitungannya adalah sebagai berikut : Jika kita punya 1 botol bibit F0 maka apabila diturunkan akan menghasilkan 20 Botol bibit F1. Jika diturunkan lagi maka kita akan mendapatkan 20 x 20 Botol F2 atau 400 botol F2, Jika diturunkan lagi maka kita akan mendapatkan 400 x 20 baglog F3 atau 8000 Baglog F3. Amazing bukan….???

Dari 1 botol F0 kita bisa mendapatkan 8000 baglog.

Itu kalo saya pake cara boros 1 botol F1 jadi cuma 20 botol F2, kalo jadi 30 botol F2, atau 40 botol F2??? Tinggal anda kalikan sendiri…

kalkulator saya bejad/error… hehehe…

Loh F3 kok bukan botol? Ya F3 itu kemasannya tidak lagi botol, tapi plastik baglog.  Maka dari itu jangan heran kalo orang menyebutnya Baglog . Atau ada yang menyingkatnya dengan sebutan Log saja.  Namun sejatinya log itu adalah bibit F3.

Kalo ada yang menurunkan lagi bibit F3 berarti itu akan menjadi bibit F4, namun saya tidak merekomendasikannya. Cukuplah baglog itu turunan dari bibit F2. Agar jamur panen yang dihasilkan bisa optimal.

Jadi…

Mohon maaf… Kalo ada yang tanya ke saya, mau beli bibit… ini sebetulnya pertanyaan koma… bukan komarudin… koma ya koma, saya harus tanya balik… bibit yang mana ini yang dimaksud…. F0,F1,F2 atau F3/baglog… ???

lagi-lagi tentang bibit jamur

#SalamSpora

 

 

Facebook Comments

Share This:

Membuat baglog jamur tiram

Membuat baglog jamur tiram

Membuat baglog jamur tiram sebetulnya sangat mudah, yang dibutuhkan hanya kemauan yang keras, ketelatenan, dan kesabaran.  Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan baglog jamur tiram antara lain adalah :

  1. Serbuk Gergaji
  2. Bekatul
  3. Kapur
  4. Air

Dari bahan-bahan tersebut kita sudah bisa membuat baglog jamur tiram. Bagaimana komposisinya dan caranya?

Cara membuat baglog jamur tiram
Serbuk Gergaji

Saya biasa memberitahukan ke khalayak ramai (cie khalayak ramai)  untuk pake acuan nutrisi.  Nutrisi dalam kandungan baglog itu macam-macam orang pake. Tapi saya hanya gunakan bekatul alias dedak saja. Sedangkan kapur kita gunakan untuk penetral PH pada saat pengomposan.

Apa perlu dikomposkan? Ya nggak perlu-perlu amat sih, buktinya jadi juga kalo gak dikomposkan. Tapi biar bahan-bahan tadi terpadu senyawa (cie senyawa) maka sebaiknya dikomposkan.

Bagaimana caranya…. Ya tinggal dicampur, ditambahkan air, lalu didiamkan sehari. Sudah? Sudah! Boleh dimasukkan baglog. Gitu Aja?? Ya gitu aja, gak ribet kan….

Yang perlu diperhatikan adalah masalah nutrisi. Nutrisi dalam hal ini adalah bekatul.  Ada 3 kategori nutrisi yang selalu saya ajarkan (cie ajarkan…. kayak dosen aja) kepada mereka para murid-murid… hehehe…

cara membuat baglog jamur tiram
Stok Bekatul atau dedak melimpah
  1. nutrisi rendah yakni 10% dari berat serbuk gergaji
  2. nutrisi sedang yakni 15% dari berat serbuk gergaji
  3. nutrisi tinggi yakni 20% dari berat serbuk gergaji

apa plus minus nya? nutrisi yang tinggi tentu akan menghasilkan baglog yang lebih baik dan sebaliknya. Tapi semakin tinggi kandungan nutrisi dalam baglog semakin tinggi pula tingkat kegagalannya atau kontaminasinya. Gak percaya??? Ya sana bikin…. Buktikan!!!

Membuat baglog jamur tiram dengan kandungan nutrisi tinggi bagus tapi semakin tinggi kandungan nutrisi dalam baglog semakin tinggi pula tingkat kegagalannya atau kontaminasinya. Gak percaya??? Ya sana bikin…. Buktikan!!!

Lalu bagaimana cara membuatnya Mbah???

Gampang….

Serbuk gergaji diayak. Lo kok diayak. Iyalah… Kecuali serbuk gergaji yang kita pumya sudah bersih dari sampah-sampah kayu penggergajian. Biasanya ini yang menyebabkan plastik mudah sobek kalo tidak diayak.

Lalu timbang. Misal 100kg serbuk gergaji.

Putuskan untuk memakai nutrisi rendah, sedang, atau tinggi??? Ohh… Yang sedang-sedang saja Bang…. Monggo… Ayuk…. Berarti 15% dari berat serbuk gergaji. Berarti 15kg saja.

Lalu tambahkan kapur 3-4 ‰ nya saja, ya….  cukup… Berarti cuma 0,3-0,4 kg saja. Iya cukup sekian dan terima kasih… Cukup kok… santai saja. Sifat kapur menurut saya cuma sebagai bahan pengikat antara serbuk gergaji dan bekatul dan juga sebagai penahan/penjaga PH di dalam log…. (mudah2an bener… wong ya gak pernah neliti… berdasarkan pengamatan dan pengalaman kasat mata saja)

Lalu aduk hingga tercampur rata antara bahan-bahan tadi. Kalo sudah rata, tambahkan air. Seberapa takarannya??? nah ini hal sepele tapi juga agak gak jelas, karena susah ngukurnya.  Kalo saya pake trik dan sedikit feeling.

membuat baglog jamur tiram
Aduk pake ini donk… ini namanya MIXER… Biar Gokil… hehehe

Kasih air sambil diaduk dan tercampur rata. Lalu ukur campuran bahan-bahan yang sudah dikasih air tadi dengan cara dimasukkan ke plastik baglog. Lalu ditimbang.  Jika berat log sudah mencapai 1,1kg s/d 1,3kg berarti cukup (ukuran palstik baglog standart 18x35cm). Kalo belum mencapai berat itu maka sesuaikan lagi airnya.  Kalo kelebihan beratnya, sesuaikan dengan tambahkan serbuk gergaji. Aduk lagi donk tentunya…

Lalu jika anda berniat komposkan ya diamkan sehari semalam. Cukup??? Cukup!!! Kalo 2 hari?? 3 hari ato seminggu??? Ya sekalian sebulan saja… Terus gak kerja-kerja… hahaha… Ya terserah…. Yang jelas, pengomposan sehari sudah cukup untuk membuat bahan-bahan menjadi “senyawa”.

Mudah kan??

Ya mudah-mudahkan saja. Jangan lupa berdoa sebelum dan sesudah bikin log. Mudah-mudahan dimudahkan olehNya. Jadi… maka jadilah… Hehehe…

cara membuat baglog jamur tiram
Baglog menunggu antrian untuk di steam

 

#SalamSpora

 

Facebook Comments

Share This:

Kumbung Jamur Tiram Yang Baik

Kumbung Jamur Tiram Yang Baik

Pembuatan kumbung jamur tiram yang baik sedikit banyak menentukan untuk memperoleh hasil panen yang optimal dalam budidaya jamur tiram.

kumbung jamur tiram
Kumbung jamur tiram yang baik

Kali ini saya akan berbagi pengalaman dalam membuat perencanaan kumbung jamur tiram yang baik.

Banyak pertanyaan yang datang pada saya, mas kalo 1000 log itu kita harus punya lahan berapa luasnya? Atau Kalo saya punya lahan 100 m2 bisa diisi berapa baglog, Mas???

Baiklah, saya tuangkan dalam tulisan ini jawaban pertanyaan seputar kumbung jamur.

Saya rekomendasikan, sangat-sangat rekomendasikan, bikinlah kumbung jamur tiram dengan tinggi atap minimal 4 meter. 

Kenapa? Karena kalo kita memakai atap yang ekonomis seperti asbes gelombang yang sifatnya tidak menolak panas matahari seperti halnya genteng, maka kita bisa harapkan panas matahari yang diterima atap asbes gelombang tidak langsung mengimbas langsung pada baglog-baglog jamur.

kumbung jamur tiram yang baik
Foto dari dalam kumbung

 

Untuk jalan/gang/rak  buatlah jarak antar rak 1 meteran. Kenapa? Karena kalo kurang dari 1 meter maka itu akan mempersulit kita disaat memanen hasil jamur tiram.

kumbung jamur tiram yang baik
Tinggi terendah atap minimal 4 meter, membuat ruang di dalam kumbung terasa longgar

 

Untuk dinding, kalo lokasi anda tidak banyak dilalui orang atau tidak banyak berseliweran anak kecil, maka cukuplah dinding kumbung hanya memakai plastik mulsa.

Untuk sirkulasi, saya menyukai sirkulasi di bagian atas kumbung, yaitu di sekeliling dinding kumbung bagian atas.

Kenapa? Karena pada saat jamur tiram “bernafas” spora yang dihasilkan cenderung menguap ke atas. dengan sirkulasi kita buat di atas maka kita harapkan uap spora yang dihasilkan bisa keluar bersamaan dengan pergantian udara keluar masuk dari dan dalam kumbung.

Tapi kalo lokasi kumbung anda banyak dilalui orang, sebaiknya anda memakai gedheg/sesek. Kenapa? untuk antisipasi kalo-kalo ada yang bersandar agar tidak jebol dinding kumbungnya.

Untuk lokasi, pilihlah lokasi yang mudah dijangkau dengan mobil pick-up atau truk. Sebagai informasi, umumnya 1 pick up sejenis carry/T120SS bias muat 1000 baglog, sedangkan untuk mobil jenis Grand Max/L-300 bias muat 1500 baglog. Untuk Truk bias muat 4000 sampe 5000 baglog.

Pilihlah lokasi yang sekiranya mudah untuk merekayasa kelembabannya.  Karena kelembaban merupakan factor yang utama dalam merencanakan pembuatan kumbung jamur yang baik.

Pilihlah lokasi yang dekat dengan ketersediaan air, kenapa? Air penting untuk menurunkan suhu di dalam kumbung disaat iklim udara sedang panas.  Bila anda punya lahan terbatas, misalkan 5m x 5m, maka dengan kriteria kumbung yang baik diatas versi saya, maka kita akan mendapatkan sekitar 2000an baglog.

Lho??? Darimana???

Jika rak 1 yang panjangnya 4 meter kita isi dengan 40 baglog lalu kita susun baglog ke atas dengan tatanan 4 – 4 – 4 – 2 maka kita akan mendapatkan rak 1 sejumlah 560 baglog. Kalo kita isi full semua rak maka akan didapatkan 560 x 4 = 2240 baglog.

Kumbung yang baik
Denah Kumbung Jamur Tiram Yang Baik

 

Kumbung hjamur tiram yang baik
Tampak 3 Dimensi

 

Kumbung jamur tiram yang baik
Tampak Depan

 

Facebook Comments

Share This:

Hasil panen berkurang??? Tambahkan cairan Nutrisi pada baglog

Hasil panen berkurang??? Tambahkan cairan NUTRISI JAMUR pada baglog

Cairan nutrisi jamur sangat diperlukan di dalam baglog untuk pertumbuhan jamur yang stabil.

Nutrisi Jamur
Nutrisi Penyubur

Ketika baglog jamur anda di dalam kumbung mulai gembos, menguning, menghitam, panen mulai seret,  kurang produktif

mungkin inilah saatnya anda semprotkan cairan Nutrisi Jamur.

Baglog jamur anda mulai gembos, menguning, menghitam, panen mulai seret,  kurang produktif

inilah saatnya anda semprotkan cairan Nutrisi Jamur.

Kenapa pemberian nutrisi tambahan harus dilakukan? Apakah kandungan nutrisi di dalam baglog bisa habis atau berkurang?

Secara sederhana dan tidak ilmiah, dapat saya jelaskan seperti ini…. hehehe…

Pada saat baglog menghasilkan jamur segar yang siap di panen, otomatis kandungan nutrisi di dalam baglog akan berkurang

tandanya mudah, coba amati jamur hasil panen pertama kedua ketiga dan seterusnya….

Bagaimana hasilnya??

Pasti semakin lama jamur panen yang dihasilkan akan semakin sedikit dan tidak baik.

Artinya secara kualitas dan kuantitas panen jamur semakin lama semakin berkurang.

Pada kondisi seperti inilah baglog anda membutuhkan asupan nutrisi jamur tambahan dari luar, agar hasil panen relatif stabil secara kualitas dan kuantitas.

Nutrisi bisa kita buat sendiri, caranya yaitu dari air leri (air sisa habis dipakai membersihkan beras), bisa dicampur dengan tetes tebu,

lalu disimpan selama beberapa hari (difermentasikan), lalu semprotkan bersamaan dengan pembasahan rutin kumbung jamur.

Bagi anda yang malas buat sendiri cairan nutrisi karena malas, baunya naudzubillah, atau karena gak bisa alias gak mau…

tenang… santai mas or mbak bro… sekarang sudah ada yang jual botolan.

Mudah, Gampang, Praktis.

Tinggal pesan, Bayar, Barang Datang, Langsung bisa digunakan

hehehe

Cairan nutrisi jamur dikemas dalam botol 250 ml, kandungan-kandungannya pada intinya mengganti kandungan nutrisi yang hilang/berkurang di dalam baglog jamur.

Penyubur
Nutrisi

Cara penggunaannya pun mudah, tinggal campurkan air dengan perbandingan 2-3 tutup botol dalam 1 liter air.

Atau anda punya komposisi sendiri, monggo silahkan. Yang jelas semakin banyak penggunaan tambahan nutrisi maka panen akan semakin stabil

SalamSpora

Info : WA 0856-5556-9000

 

Facebook Comments

Share This:

Pasang Thermometer Biar Gak BA-PER

Pasang Thermometer Biar Gak BA-PER.

Untuk mendapatkan baglog yg baik tentu selain faktor bahan-bahan yang baik, diperlukan juga pengetahuan tentang bagaimana menggunakan steamer dengan baik dan benar.

Ada berbagai macam tipe steamer. Ada yg dari drum bekas.. ada yg menggunakan plat besi berbentuk lemari besar, ada yg bulat besar dengan bahan stainless, ada yang bentuk kotak bujur sangkar.. bahkan ada yang manfaatkan ruang beton… banyak macamnya..

Tapi yang terpenting, fungsi steamer itu bisa menghasilkan uap yang cukup untuk membunuh bakteri-bakteri kontaminan yang tidak diharapkan hidup di dalam baglog.

Ada istilah yang umum digunakan para pembuat baglog jamur, apa itu?? Masaknya harus “matang”.

Trus bagaimana kita tahu baglog kita yang kita masak “matang” atau tidak???

Ada yang jawab, pokoknya sekian jam…

Ada lagi yang jawab, pokoknya jagungnya “njelly”

Jawaban seperti ini bagi saya bisa membingungkan bahkan berpotensi menyesatkan…. Wong hari gini kok pake POKOKnya…. Lantas bagaimana baiknya???

Solusinya adalah…. CLING……. Gunakan THERMOMETER!!!

Pasang Thermometer BIar Gak BA-PER
Thermometer

Pasang Alat ukur suhu ini di Steamermu… Hukumnya WAJIB!!! bukan lagi sunnah apalagi makruh, tapi WAJIB!!! sekali lagi WAJIB PASANG!!! Duakali lagi

WAJIB PASANG THERMOMETER PADA STEAMER BIAR GAK BA-PER!!!!

Kalo sudah terpasang, tentu memasak baglog dalam steamer jadi lebih mudah. Tanpa feeling Gak Pake Ba-Per2an. Wong tinggal lihat Alatnya. Ada Angkanya. Lebih pasti. Lebih bisa dipertanggung-jawabkan.

Kalo cara saya, yang disebut “matang” itu dengan melihat angka thermometer pada saat baglog dimasak.

Berikut tipsnya dalam memasak baglog :

1. Biarkan suhu naik sampai 90 derajat celcius

2. Tahan diantara suhu 90 sampai 100 derajat celcius selama 2-3 jam

3. Padamkan api dan biarkan baglog dingin secara alami

Dalam masalah pendinginan baglog yang baru dikeluarkan dari steamer ini, saya tidak rekomen baglog yang masih panas didinginkan dengan kipas angin… Kenapa?? Rawan Kontam!! Mungkin ikut kaidah

Segala yang dipaksakan… Tidak Baik… Jadi biarkan dingin dengan sendirinya.

Tempatkan baglog pada ruang, biarkan dingin dengan sendirinya oleh suhu ruang. Baru siap diberi bibit. Kebiasaan saya, baru diberi bibit pada hari esoknya.

~Salam~

 

Facebook Comments

Share This:

Bibit F2 jamur tiram kemasan plastik

Bibit F2 jamur tiram kemasan plastik

merupakan solusi untuk pengiriman bibit jarak jauh antar pulau antar provinsi.

Ya… jika anda pernah merasakan betapa sayangnya

barang kiriman yang sudah susah-susah kita kemas seaman mungkin,

namun sesampainya di tempat tujuan, kita ditelpon oleh penjual..

GAN… barangnya pecah sekian botol…

Haduuhhh… remuk jiwa….

Beruntung kalo pembelinya pengertian, kita tidak diminta untuk pertanggung-jawaban menggantinya…

Beruntung pula kalo penjual punya perjanjian dengan pembeli,

bahwa penjual berlepas tangan alias tidak bertanggung jawab atas keselamatan barang yang dibeli,

setelah barang sudah sah dan meyakinkan telah berada di pihak kurir pengiriman.

Yaa.. kalo itu terjadi 1-2 kali sih gak masalah… tapi kalo berkali-kali…

Alamat kredibilitas kita sebagai penjual tidak akan disematkan bintang di hati para penjual….  

maka percayalah itu adalah ma-SALAH yang harus dicarikan solusinya.

Bibit jamur kemasan plastik
Bibit F2 jamur tiram kemasan plastik

Keunggulan Bibit F2 jamur tiram kemasan plastik yaitu
meminamalisir kerusakan akibat perlakuan oknum-oknum jasa kurir pengiriman/ekspedisi dalam prosesnya di lapangan.

Bibit F2 jamur tiram kemasan plastik media plastik
Bibit F2 kemasan plastik media plastik

Selain itu keunggulan lainnya kemasan plastik lebih hemat tempat apabila kita gunakan kerdus bekas mi instan atau bekas rokok.

Keunggulan lain kemasan plastik memiliki berat hanya 250 gram per plastiknya,

dibandingkan dengan Bibit F2 jamur tiram botol yang memilik berat 400-450 gram per botolnya.

Yang berarti lebih menghemat biaya ongkos kirim anda.

Bibit jamur kemasan plastik
Berat bersih 300 gram

Mungkin anda berfikir lebih baik bibit botol, kan lebih berat (400-450 gram) dibandingkan bibit kemasan plastik yang cuma 250 gram….

Eits… weit weit weit….. tunggu dulu…. jangan salah….

Bibit plastik dengan berat 300 gram itu adalah berat bersih.

Sedangkan bibit botol dengan berat 400-450 gram itu adalah berat kotor, belum dikurangi berat botolnya yang 200 gram, jadi sejatinya berat bersihnya bibit botol adalah cuma sekitar 200 gram saja.

Lebih menguntungkan yang mana??? Jelas bibit kemasan plastik…

Satu-satunya kekurangan dari bibit plastik adalah pada saat pengisian bibit ke baglog,

bagi yang terbiasa menggunakan bibit kemasan botol, mungkin pada awalnya akan merasa kagok.

Tapi itu hal biasa, lama-lama juga akan ketemu selanya,

bagaimana PW nya alias bagaimana posisi wenaknya,

mengisi baglog dengan bibit kemasan plastik.

Pasti jika dilakukan berualang-ulang, tidak lama akan ketemu PWnya.

 

 

Facebook Comments

Share This:

Jamur Tiram Crispy yang Gurih dan Renyah

Jamur Tiram Crispy

Salah satu produk andalan dari jamur tiram adalah jamur tiram crispy, disamping rendah kolesterol, makanan ini juga dapat di buat sebagai camilan. Jadi camilan rendah kolesterol.

Jamur Tiram Crispy

Untuk membuat jamur crispy ini sangatlah mudah. Kita tinggal mencampur jamur dengan tepung tapioka kemudian meggorengnya. disitu kita bisa menemukan rasa original dari jamur tersebut. yuummyy….

Dan apabila kita ingin memberikan rasa pada makanan ini, tinggal kita mencampuri saja sebelum jamur ini digoreng.

Resep

Jamur Tiram Crispy Asam Manis

Source : Lisda Trijianto Inilah kegunaan cookpad, saat saya lagi tak punya ide untuk menghabiskan stok jamur d…selengkapnya
Ayu Saraswati Ena Putri Ayu Saraswati Ena Putri

Bahan-bahan

  1. 100 gr jamur tiram
  2. 2 bks tepung sajiku
  3. bahan saos :
  4. 1 buah wortel
  5. 1 buah tomat
  6. 3 siung bawang putih
  7. 1 buah bawang bombay
  8. 1 bks saori
  9. 2 buah cabe rawit
  10. 1 bks royco
  11. 3 sdm saos sambal pedas

mugsurabaya

 

Facebook Comments

Share This:

Cara Budidaya Jamur Tiram

Cara Budidaya Jamur Tiram

Cara Budidaya jamur tiram sangat cocok untuk daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Investasi yang dibutuhkan untuk memulai udaha budidaya jamur tiram cukup murah dan bisa dilakukan bertahap. Bagian tersulit adalah membuat baglog, media tanam yang telah diinokulaikan dengan bibit jamur.

Nama latin jamur tiram adalah Pleurotus ostreatus, termasuk dalam kelompok Basidiomycota. Disebut jamur tiram karena bentuk tajuknya menyerupai kulit tiram. Berwarna putih berbentuk setengah lingkaran. Di alam bebas, jamur tiram putih biasa ditemukan pada batang-batang kayu yang sudah lapuk. Mungkin karena itu, jamur tiram sering disebut jamur kayu.

Cara Budidaya Jamur Tiram

Ada dua kegiatan utama dalam budidaya jamur tiram. Tahap pertama adalah membuat media tanam dan menginokulasikan bibit jamur ke dalam media tanam tersebut. Sehingga media ditumbuhi miselium berwarna putih seperti kapas. Tahap kedua adalah menumbuhkan miselium tersebut menjadi badan buah.

Untuk pendatang baru, biasanya memulai kegiatan budidaya dengan menumbuhkan baglog menjadi daging buah. Sementara pengadaan, baglog yang siap tumbuh didapat dengan membeli dari pihak lain. Kemudian setelah usaha budidayanya berkembang dan volumenya banyak, baru mencoba membuat baglog sendiri.

Dalam tulisan ini akan, saya akan mengulas langkah yang harus dipersiapkan untuk memulai budidaya jamur tiram putih.

Menyiapkan kumbung

Kumbung atau rumah jamur adalah tempat untuk merawat baglog dan menumbuhkan jamur. Kumbung biasanya berupa sebuah bangunan, yang diisi rak-rak untuk meletakkan baglog. Bangunan tersebut harus memiliki kemampuan untuk menjaga suhu dan kelembaban.

Kumbung biasanya dibuat dari bambu atau kayu. Dinding kumbung bisa dibuat dari gedek atau papan. Atapnya dari genteng atau sirap. Jangan menggunakan atap asbes atau seng, karena atap tersebut akan mendatangkan panas. Sedangkan bagian lantainya sebaiknya tidak diplester. Agar air yang digunakan untuk menyiram jamur bisa meresap.

Di dalam kumbung dilengkapi dengan rak berupa kisi-kisi yang dibuat bertingkat. Rak tersebut berfungsi untuk menyusun baglog. Rangka rak bisa dibuat dari bambu atau kayu. Rak diletakkan berjajar. Antara rak satu dengan yang lain dipisahkan oleh lorong untuk perawatan.

Ukuran ketinggian ruang antar rak sebaiknya tidak kurang dari 40 cm, rak bisa dibuat 2-3 tingkat. Lebar rak 40 cm dan panjang setiap ruas rak 1 meter. Setiap ruas rak sebesar ini bisa memuat 70-80 baglog. Keperluan rak disesuaikan dengan jumlah baglog yang akan dibudidayakan.

Facebook Comments

Share This:

Olahan Jamur Tiram

Keripik jamur tiram malang merupakan salah satu produk olahan jamur tiram yang kami unggulkan karena sifatnya yang umum diperjual belikan di dalam masyarakat.  Rasanya enak, gurih dan renyah, cocok untuk camilan rumahan keluarga sehat Indonesia.

Keripik jamur tiram malang diproduksi dengan merk dagang Jamur Cinta. Dengan No PIRT : 204-3579-01401 (Olahan Jamur Tiram)

Tersedia berbagai varian rasa :

  1. Rasa original
  2. Rasa balado
  3. Rasa BBQ
  4. Rasa keju
  5. Rasa sapi panggang

 

Olahan jamur tiram
keripik jamur tiram by jamur cinta

Untuk ukuran tersedia berbagai pilihan :

  1. Kemasan 250 gram
  2. Kemasan 200 gram
  3. Kemasan 100 gram
  4. Kemasan 50 gram
  5. Kemasan pritilan
keripik jamur tiram malang
aneka produk olahan jamur by jamur cinta

Mari silahkan dicoba kripik jamur by jamur cinta.. Tersedia rasa original, bbq, keju, sapi panggang, balado.

Harga (rasa original)
250 gram 25Ribu
200 gram 21Ribu
100 gram 12Ribu

Harga (aneka rasa)
250 gram 30rb
200 gram 24rb
100 gram 15rb

Pesan sebelum jam 9 langsung kirim hari itu juga
Diatas jam 9 kirim besok

Contact Order By WA/sms
0857-3120-9000 mbak sari

By Call/wa
0856-5556-9000 Omy

JamurCinta
Fresh everyday from the kitchen

Anda bisa mendapatkan produk-produk jamur cinta dengan cara direct order (pesan langsung) dengan menghubungi nomer  :

0856-5556-9000 (wa available)

atau bisa lewat online pada :

  1. https://www.facebook.com/JamurCinta/
  2. https://www.bukalapak.com/p/food/cemilan-snack/20tmam-jual-kripik-jamur
  3. https://www.tokopedia.com/jamurcinta/keripik-jamur-tiram

Tersedia juga berbagai produk olahan lain dari jamur tiram produksi jamur cinta yang dijual dengan sistem pre-order (pesan dulu).

  • Sate Jamur
  • Lumpia Jamur
  • Steak Jamur
  • Onigiri Jamur
  • Sempol Jamur
  • Jamur Krispi

Jamur cinta juga melayani juga jasa katering yang berhubungan dengan masakan produk olahan jamur tiram khususnya. Seperti :

  • Paket Kotak Nasi Jamur
  • Paket Kotak Sate Jamur
  • Paket Kotak onigiri dan lumpia jamur

semua pesanan bisa disesuaikan sesuai selera pemesan.  Tidak ada minimum order, pesan 1 pun bisa. Bebas onkos kirim apabila pemesanan di atas 100 pax.

Onigiri Jamur
Onigiri Jamur By Jamur Cinta
Produk olahan jamur cinta
Sate Jamur Lumpia Jamur Jamur Krispi By Jamur Cinta

 

Anda bisa mendapatkan produk-produk jamur cinta dengan cara direct order (pesan langsung) dengan menghubungi nomer  :

0856-5556-9000 (wa available)

0857-3120-9000 (wa available)

 

Facebook Comments

Share This: